Senin, 02 Januari 2012

Konfigurasi Ulang Internet Protocol (TCP/IP)

Internet protocol menurut definisi saya sendiri adalah suatu tempat dimana kita bisa mengotak-atik konfigurasi internet yang terdapat pada komputer kita maupun komputer orang lain yang minta kita yang setting. Namun karena sekarang jaman udah maju, tidak salah jika sekarang banyak orang yang menjadi malas karena terlalu di manja oleh kemajuan teknologi saat ini. Maka tidak jarang pula ada orang yang dengan malasnya men-setting Internet Protocol yang tadinya manual menjadi otomatis dengan mengubah konfigurasi menjadi DHCP. Alamak !!!! gag efektif toew namanya, kalo semua serba otomatis gimana kalo misalnya tiba-tiba kita atau anda sendiri yang bersangkutan di tanya oleh seseorang mengenai konfigurasi tersebut. Seperti, "Berapa mas IP yang anda miliki ????" ,hayo mau jawab gimana kamu. Emang sich kita bisa mengetahui IP yang kita miliki denga mudah melalui aplikasi bawaan windows yakni CMD ( CommandPromtp) dengan cara mengetik perintah "ipconfig". Udah dech gag usah pake' yang otomatis-otomatis segala kalo buat setting internet. Iya kalo seumpamanya bandwith yang kamu miliki dalam jumlah yang besar sehingga gag bakalan jadi gampang ngadat alias mati gag jelas. Tapi kalo seumpama bandwith kamu sedikit trus kamu setting DHCP, wah bisa-bisa capek nge-restart kamu.
Jujur sebetulnya saya juga pernah melakukan hal yang curang menurut saya dengan melakukan setting otomatis pada IP saya. Namun hal itu sungguh membuat saya kapok, sebab setiap menyalakan kompi (komputer) saya harus me-restart lagi terlebih dahulu berulang-ulang sampai saya kasihan sama itu kompi, bayangin aja kalo itu orang trus di mati hidup- mati hidupkan truzz kayak gitu, apa kamu tega. Udah gitu kejadian tersebut juga membuat banyak user (pengguna) yang kebanyakan adalah mahasiswa menjadi kesulitan ketika itu untuk mengakses internet, sehingga pembina saya dech terpaksa kenak marah dari atasan karena di kira kerja yang gag bener. Akhirnya dengan merasa jengkel akibat sering ngadat, pembina saya pun menyuruh saya mengkonfigurasi Internet Protocol (TCP/IP) seluruh kompi yang ada di LAB tempat saya kerja. caranya mudah koq dan gag sesulit yang di bayangin.
1. Pertama kamu buka Control Panel

2. Klik kemudian kamu pilih Network and Internet Connections

3. Setelah itu kamu pilih sebuah icon dengan keterangan Network Connections

4. Setelah itu akan muncul gambar icon yang menunjukkan kalau kompi kita sudah terhubung dalam jaringankamu klik saja dua kali sampai muncul gambar seperti di bawah ini



5. Kamu klik aja Properties dan kamu akan masuk ke dalam menu Local Area Connection Properties dan kamu pilih dalam kotak dialog "This Connection uses the following items" yakni Internet Protocol (TCP/IP) dan klik properties

6. Jika menu internet protocol telah muncul, kamu beri centang pada kolom Use the following IP address dan tinggal isi kan dengan IP address yang tersedia di tempat kamu

Jika telah selesai klik OK dan tutup seluruh menu yang telah di buka tadi, tinggal berselancar di internet dech.
Jangan lupa untuk mengisi seluruh kolom yang tersedia seperti gambar di atas sebab jika tidak  maka koneksi kamu tidak berjalan dengan mulus. Dan maaf jika saya tidak memberi contoh mengisi pada gambar di atas sebab saya pikir itu hanya contoh. Sampai jumpa lain waktu :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar